Misteri Mengelilingi Lukisan da Vinci Seharga 6 Triliun


Jumat, 17 November 2017
Label: ,
Advertisement
[Theatre 61] Misteri Mengelilingi Lukisan da Vinci Seharga 6 Triliun

Lukisan berusia 500 tahun, yang terjual dengan jumlah memecahkan rekor di lelang ini, memiliki beberapa kekhasan. Lukisan karya Leonardo da Vinci yang berjudul Salvatore Mundi, atau 'Saviour of the World', membuat ombak di dunia seni baru-baru ini saat berhasil menjualnya seharga $ 460 juta atau senilai dengan 6 Triliun rupiah lebih di pelelangan, menjadikannya lukisan paling berharga dalam sejarah.

Luar biasa, pada awalnya dijual di tahun 1950an dengan harga hanya $ 45 karena diyakini salinannya.

Baca Juga:

Misteri Mengelilingi Lukisan da Vinci Seharga 6 Triliun

Tapi apakah lukisan itu benar-benar asli karya Leonardo da Vinci? Dalam beberapa tahun terakhir, para ahli seni telah memperdebatkan beberapa inkonsistensi penting dengan potongan yang menunjukkan bahwa si jenius Renaisans ini mungkin bukanlah penciptanya.

Inti dari keraguan ini adalah cara yang telah dilukis oleh para seniman yang mengiringi bola orb yang sedang dipegang Yesus dalam lukisan itu (lihat gambar bawah).

Misteri Mengelilingi Lukisan da Vinci Seharga 6 Triliun

Menurut penulis biografi Walter Isaacson, lukisan Salvator Mundi dicat saat Leonardo berusia 48 tahun, yaitu masa hidupnya ketika dia telah sangat berinvestasi dalam mempelajari fisika dan optik.

Bola dalam lukisan itu bagaimanapun tidak menunjukkan difraksi cahaya, atau bayangan tangan yang diharapkan dari bola kaca yang diposisikan seperti pada bagian lukisan itu.

Da Vinci tidak akan pernah membuat kesalahan seperti itu, setidaknya tidak secara tidak sengaja, jadi bisakah dia menghilangkan rincian ini dengan sengaja? Atas kemungkinan ini, Isaacson menulis bahwa Leonardo mungkin telah "secara halus mencoba memberikan kualitas ajaib kepada Kristus dan bolanya."

Namun, tetap saja kepastian hal ini masih menjadi misteri.


*******
Thanks
Theatre 61
Theatre 61

Artikel Menarik Lainnya:

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar